Mengunjungi Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, Anda akan menemui air terjun yang mengaliri tebing yang bertingat. Tak hanya itu udara yang sejuk dan pemandangan yang hijau nan alami akan menyambut Anda. Pulau Lombok memang memiliki pesona wisata alam yang mengagumkan, yang menyatu dengan ritme yang menenangkan. Di kaki Gunung Rinjani terdapat beberapa wisata air terjun yang cukup terkenal. Diantaranya adalah Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kedua air terjun ini mengalir membentuk satu aliran. Hembusan kabutnya memenuhi sekitar lembah, dan akan terasa sejuk ketika Anda berada di dekatnya.

Air terjun Sindang Gile, terletak di desa Senaru terletak 600 meter di atas permukaan laut di kaki Gunung Rinjani. Bukit-bukit yang keren dan alam tenang, memberikan Anda istirahat yang nyaman, air mengalir dan jatuh di atas ketinggian 30 meter turun adalah air terjun paling indah di Lombok, air terjun untuk mengairi sawah bidang lingkungan dengan air jernih yang berasal dari Danau Segara Anak.

Air terjun Sendang Gile terletak cukup dekat dengan pintu masuk wisata alam Taman Nasional Gunung Rinjani. Anda cukup berjalan kaki sejauh 15 menit. Karena lokasinya dekat pintu masuk, air terjun Sendang Gile dikunjungi oleh banyak wisatawan lain. Bagi Anda yang tidak suka medan terlalu berat, air terjun Sendang Gile adalah pilihan yang tepat untuk kunjungan Anda.

Sepanjang jalan menuju dua air terjun, Anda akan disajikan dengan pemandangan hutan lebat. Hutan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Mayoritas flora yang tumbuh di daerah ini adalah tanaman tropis. Seperti pohon Bajur (Pterocarpus SP.), Pohon Ipil (Insia biyuga), pohon Sentul (Sondarium), dan jati (Tektona grandis). Meskipun padat dan subur, Anda tidak perlu khawatir tersesat. Karena jalan menuju air terjun Sendang Gile adalah sangat jelas. Tetapi jika Anda ragu, Anda dapat meminta pemandu lokal Anda untuk menunjukkan arah ke air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

Jalan setapak menuju ke Air Terjun Sendang Gile mayoritas berupa anak tangga. Jalan ini cukup nyaman untuk Anda tempuh. Namun sesampainya di lokasi air terjun, Anda juga harus berhati-hati. Karena di sekitar air terjun terdapat banyak bebatuan yang besar. Jika Anda berdiri di tempat yang sedikit lebih tinggi, Anda bisa melihat aliran air yang memecah di bebatuan. Anda juga bisa duduk dan beristirahat di bebatuan tersebut, sembari menikmati pemandangan air terjun di depan Anda. Jika Anda merasa cukup dingin, Anda juga bisa ditemani dengan secangkir kopi yang bisa Anda peroleh di warung-warung di sekitar air terjun.

Bagi Anda yang menyukai trek yang menantang, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tiu Kelep. Untuk mencapainya, Anda harus berjalan kaki sejauh 45 Menit. Anda akan melewati sebuah tangga yang cukup curam. Setelahnya, Anda juga akan menyeberangi sungai yang cukup dangkal. Di sungai ini Anda akan merasakan kesejukan aliran air yang sangat bening. Anda juga akan menempuh jalan setapak, yang di sampingya terdapat sungai kecil dengan aliran air yang tenang. Cukup menyenangkan, bukan?
Petualangan Anda akan menjadi sempurna ketika tiba di lokasi Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini cukup tinggi, yaitu sekitar 45 Meter. Alirannya yang cukup besar dan deras menimbulkan deburan yang cukup besar pula. Jika Anda tidak ingin basah, sebaiknya Anda memakai jaket anti air Anda. Tak jauh dari situ, Anda bisa menyaksikan sebuah pohon besar yang tumbuh di permukaan tebing.

Menurut masyarakat setempat, nama Tiu Kelep diambil dari bahasa Suku Sasak yang berarti “Kolam Terbang”. Sedangkan nama Sendang Gile diambil dari legenda setempat. Legenda tersebut menceritakan seorang pangeran yang sedang dikejar oleh seekor singa gila. Kemudian pangeran tersebut bersembunyi di balik air terjun untuk menghindari kejaran singa. Akhirnya air terjun tersebut diberi nama Sendang Gile. Kedua air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, serta membuat tampak awet muda. Masyarakat setempat juga percaya bahwa aliran air terjun akan semakin besar jika orang-orang disekitarnya berbicara semakin keras.
Suasana yang segar dan pemandangan yang indah ini akan membuat Anda betah berada di lokasi wisata Lombok. Namun pada perjalanan pulang, mampirlah sebentar ke Restoran Senaru. Restoran ini berada di ketinggian, sehingga Anda akan mendapatkan pemandangan yang berbeda sembari mencicipi hidangan khas Lombok. Di sini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan lindung yang lebat, serta tebing-tebing yang mengelilingi lokasi Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. ( source; http://id.lombokindonesia.org/air-terjun-sendang-gile-tiu-kelep/ )

Program Perjalanan dan akan di kunjungi:
- Berangkat dari Hotel di Areal Senggigi Jam 08.00 Am dan kembali ke hotel pukul 06.00 Pm

Tempat yg di Kunjungi:
- Hutan Monyet Pusuk Pass
- Desa Sigenter
- Air Terjun Sendang Gili
- Air Terjun Tiu Kelep
- Puncak Malimbu 1 dan 2

Harga paket : RP. 750.000/orang, minimal 2 orang

Harga paket sudah termasuk:
- Penjemputan di hotel areal Senggigi/Mataram
- Pemandu Wisata
- Minuman dingin selama perjalanan
- Tiket masuk wisata
- Parkir
- Makan siang
- Mobil Ac ( Avansa/R3/Inova

Harga paket belum termasuk:
- Penginapan/hotel
- Minuman beralkohol
- Sumbangan di pura dan desa adat
- Semua keperluan pribadi

There is no form with this name or may be the form is unpublished, Please check the form and the url and the form management.