Air terjun mangku sakti mungkin masih terdengar asing bagi para pecinta wisata alam,air terjun ini berlokasi di desa sajang,sembalun,lombok timur,ntb. Air terjun mangku sakti ini terletak di kaki gunung rinjani, menurut salah satu warga sekitar mangku sakti itu berarti penunggu yang ilmu nya mumpuni alias sakti, mangku dalam bahasa lombok atau sasak berarti tetua .

Asal mula nama air terjun mangku sakti ini adalah dahulu kala ada seorang mangku, menurut warga sekitar mangu tersebut bernama titi kastura yang bertugas menjadi juru kunci dikaki gunung rinjani. Pada waktu itu warga menjulukinya dengan nama mangku gunung yang dalam bahasa indonesia berarti penjaga gunung. Mangku gunung tersebut ditemani oleh seekor kuda yg oleh warga sekitar kuda tersebut bernama kuda sembrani.

Setelah mangku tersebut meninggal, warga menemukan sebuah air terjun di kaki gunung rinjani di desa sajang, sebuah air terjun yang kiri kanannya di apit oleh bebatuan. Konon, saat warga menemukan air terjun tersebut, di sisi kiri air terjun yg tersusun oleh bebatuan membentuk sebuah wajah, yang tak lain oleh para warga sekitar diyakini sebagai wajah sang mangku, oleh karena itu air terjun tersebut kemudian di namakan sbg air terjun mangku sakti.

Air terjun mangku sakti ini dialiri oleh air yg tercampur dengan belerang,air terjun ini berketinggian kurang lebih 40m. Jika di air terjun lain anda bisa merasakan langsung deburan air terjunnya, namun disini tidak disarankan untuk mencoba, karna deburan jatuhnya air terjun tersebut membentuk semacam kolam seluas 15 m dalamnya sekitar 2 - 4m. Jadi anda bisa merasakan dinginnya air belerang tersebut sambil berenang.

Terdapat juga jump spot buat anda yg mau mencoba keberanian terjun ke kolam air terjun, jump spot nya sekitar 5m. Dibagian bawah aliran air terjun juga anda masih bisa menikmati spot lain buat sekedar berendam atau bahkan melompat terdapat semacam air terjun mini.

Source text and photo : http://jelajahalamlombok.blogspot.co.id/2015/03/sang-legenda-air-terjun-mangkusakti.html