Secara cara administrasi pulau Gili Asahan terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Gili Asahan masuk dalam status kawasan Desa Kepulauan. Ada 33 kepala keluarga yang menempati pulau ini.

Batas wilayah Pulau Gili Gede pada bagian sebelah utara berbatasan dengan Selat Lombok,  di bagian selatan berbatasan dengan Teluk Blongas, di barat berbatasan dengan Tanjung Bangko-Bangko dan untuk bagian timur berbatasan dengan Laut Desa Gili Gede.

Diantara pemukiman warga tedapat tempat tinggal warga asing MR. Lusiano Warga Itali yang sangat bersahabat dan termasuk pecinta alam, dia menjaga lingkungan sekitarnya dengan baik. Beliau telah tinggal di indonesia selama 20 tahun.

Ada ratusan Gili di sekitar Pulau Lombok. Setiap Gili memiliki keindahan dan ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah Gili Asahan yang terletak di Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Hamparan pantai dengan pasir putih yang alami juga menghiasi Gili yang terkenal di dunia para Diver.
Gili Asahan terkenal akan keindahan bawah lautnya. Terumbu Karang yang indah serta arus laut yang kuat membuat banyak para diver merasa tertantang untuk menyelam di daerah tersebut. Ada banyak penyedia jasa diving guide merekomendasikan anda untuk mengunjungi diving spot di salah satu dari banyak Gili di Lombok Barat ini.

Hal ini karena pulau kecil di Lombok ini memiliki spot-spot diving yang indah dan arus yang kuat sehingga para diver merasa tertantang untuk menyelam di daerah ini.
Bagi yang ingin menginap, terdapat sebuah penginapan bernama Pearl Beach Resort. Anda akan dilayani layaknya sebuah hotel.

Jika anda akan berkunjung ke Gili Asahan, jangan lupa untuk membawa kamera. Karena keindahannya sangat sayang untuk tidak diabadikan.
Hal ini karena pulau kecil di Lombok ini memiliki spot-spot diving yang indah dan arus yang kuat sehingga para diver merasa tertantang untuk menyelam di daerah ini.
Salah spot di Gili Asahan yang kerap dikunjungi diver adalah secret garden. Disini, arus perairannya lumayan kencang sehingga Anda harus berhati-hati dan memperhatikan arahan yang dikatakan oleh guide. Bagi penghobi fotografi underwater, secret garden mempunyai visibility sekitar 25 meter, cukup jelas untuk memotret berbagai terumbu karang dan ikan-ikan indah yang hilir mudik mengitari kita.

Disini kita bisa melihat nudibranch yang kerap menjadi incaran para diver karena keindahannya. Selanjutnya, ada sanking point.
Karakteristik perairannya dinamis, kadang tenang kadang berarus. Penghuni diving point ini adalah ikan-ikan dengan warna beraneka macam, soft coral, hard coral, anemone dan masih banyak lagi. Dengan visibilitas 25-30 meter memudahkan para fotografer mengabadikan keindahan ini. Diving spot selanjutnya yang tak kalah menawan adalah belangan. Disini terdapat gugusan pinacle coral dengan diameter 2 m dan tinggi sekitar 5 m. Kita bisa menjumpai frog fish dan lobster. Walau visibilitasnya Cuma berkisar 10-15 meter saja, namun belangan tetap saja menarik untuk dieksplorasi. Belongan juga cocok untuk menjadi spot penyelaman pada malam hari. Jika sedang bulan purnama, tak mustahil sinar bulan menembuh perairan di kedalaman tertentu. Ada sotong, udang-udangan, kepiting, ikan-ikan aneka rupa bisa kita jumpai disini.

Selain diving, kita juga bisa snorkling dan menikmati keindahan alam Gili Asahan yang cukup tenang. Gili Asahan juga dikaruniai bukit-bukit yang bisa Anda daki. Alam Gili Asahan menyajikan keanekaragaman fauna. Ada burung elang yang menemani liburan kita di pulau ini. Masyarakatnya juga ramah dan senantiasa welcome dengan para turis yang bertamu ke gili ini. Jika Anda sedang malas beraktivitas dan ingin menikmati waktu yang serasa melambat di Gili Asahan, kita bisa sambil memandang panorama sunset yang indah.

Untuk mencapai Gili Asahan kita harus menyeberang menggunakan boat selama 10 menit dari Sekotong. Sekotong tepatnya berada di Lombok barat dan berbatasan langsung dengan perairan yang dihuni beberapa gili seperti Gili Asahan, Gili Layar, Gili Renggit dan Gili Nanggu. Sekotong berada di sekitar 60 km dari kota Mataram, ibukota Lombok. Untuk menuju Sekotong, kita bisa menggunakan angkutan umum dengan waktu tempuh 1,5 – 2 jam perjalanan. Sedangkan jika dicapai melalui Pelabuhan Nusa Penida dengan perahu sewaan, Sekotong bisa dicapai dalam waktu 3 jam.

Aksesbilitas menuju Pulau Gili asahan dapat diperhitungkan mulai dari bandara yang berada di Lombok Tengah menuju Kota Mataram sekitar 30 menit jarak tempuh menggunakan transportasi darat. Dari kota Mataram menuju Kabupaten Lombok Barat dapat ditempuh dengan jarak 20 menit. Kemudian dari Lombok Barat menuju Kecamatan Sekotong Tengah sekitar 2 jam dengan transportasi darat, tetapi jika menggunakan trasportasi laut maka akan dapat menghemat waktu 1 jam 10 menit karena lama perjalanan hanya 50 menit. Jika menggunakan kendaraan darat kita dapat menaiki perahu dari pesisir desa Sekotong Barat menuju pulau sekitar 20 menit perjalanan.