Gili Gede adalah sebuah pulau kecil yang terletak 500 meter di sebelah barat laut Pulau Lombok. Pulau yang memiliki panjang maksimum 4 km. Pulau ini merupakan pulau paling besar di daerah sekotong, pada bulan juni tahun 1994 pulau ini pernah di adakan perlombaan lari lintas alam Gili Gede 10 km, di pulau gili gede terdapat sebuah sekolah dasar dan menengah satu atap (SPDT 13 lombok barat) dan terdapat 4 masjid, pada tahun 2012 pulau ini di resmikan menjadi sebuah desa kepulauan, meliputi Gili Gede,Gili Layar, dan gili rengit, dengan jumlah penduduk 1000 jiwa 550 kepala keluarga, gili gede mempunyai 5 dusun yaitu dusun induk gili gede/pegametan, dusun gedang siang, dusun tanjungan, labuan cenik, dan orong bukal, sedangkan mata pencaharian penduduk adalah adalah rata rata nelayan,

Secara cara administrasi pulau Gili Gede terletak di Desa Gili Gede Indah, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Menurut informasi yang didapat dari Kades yang menjabat saat itu, yaitu bapak Farhan penduduk Gili Gede asli dari Makasar dari Wira Selayar, akibat pemberontakan DITII.

Arti dari Gili Gede adalah Pulau Besar, pada tanggal 31 Desember 2010 desa Gili Gede diresmikan yang sebelumnya pulau tersebut masih masuk dalam wilayah administrasi desa Pelangan. Di Pulau ini terdapat 5 dusun yaitu, dusun Gendang Siang, Dusun Labuan Cenit, Dusun Orong Bukang, Dusun Tanjungan dan Dusun Gili Gede. Pulau Gili Gede masuk dalam status kawasan Desa Kepulauan, untuk status kepemilikan pulau adalah milik hak ulayat atau adat, hanya saja ada sekitar 4 titik wilayah pulau yang dimiliki oleh pihak swasta juga asing yang dijadikan resort. Tetapi ini menguntungkan warga karena beberapa warga yang menjadi pegawai resort tersebut.

Pulau Gili Gede berada pada posisi koordinat geografis 8° 44 & 39; 18.016 Lintang Selatan 115Bujur Timur, dengan luas pulau ± 317 Ha. Pulau Gili Gede adalah pulau terbesar yang dimiliki kabupaten Lombok Barat. Batas wilayah Pulau Gili Gede pada bagian sebelah utara berbatasan denganSelat Lombok,  di bagian selatan berbatasan dengan Laut Desa Pelangan, di barat berbatasan dengan Laut Desa Batu Putih dan untuk bagian timur berbatasan dengan Laut Desa Sakoteng Barat.

Akses ke Gili Gede
Aksesbilitas menuju Pulau Gili Gede dapat diperhitungkan mulai dari bandara yang berada di Lombok Tengah menuju Kota Mataram sekitar 30 menit jarak tempuh menggunakan transportasi darat. Dari kota Mataram menuju Kabupaten Lombok Barat dapat ditempuh dengan jarak 20 menit. Kemudian dari Lombok Barat menuju Kecamatan Sekotong Tengah sekitar 1 jam 30 menit dengan transportasi darat, tetapi jika menggunakan trasportasi laut maka akan dapat menghemat waktu 1 jam karena lama perjalanan hanya 30 menit. Jika menggunakan kendaraan darat kita dapat menaiki perahu dari pesisir desa Sekotong Barat menuju pulau sekitar 15 menit perjalanan.

Kependudukan, Sosial Budaya dan Kelembagaan
Jumlah penduduk Pulau Gili Gede 1380 jiwa dari 438 kepala keluarga dengan persentase perempuan lebih banyak. Untuk mata pencaharian penduduk lebih banyak sebagai nelayan tangkap sekitar 80% dan nelayan budidaya 20%. Agama yang dianut oleh seluruh warga pulau adalah Islam. Jumlah penduduk yang berpendidikan SD 75%, SLTP 10 %, SLTA 10% dan Kuliah 5%. Ada terdapat 5 kelompok nelayan di Pulau Gili Gede.

Terumbu Karang di Barat Gili Gede
Lokasi pengamatan Barat Gili Gede memiliki perairan yang cukup jernih di dalam kolom perairan dengan jarak pandang ke depan sekitar 6 meter dan jarak pandang ke atas sekitar 8 meter. Pengambilan data dilakukan pada kedalaman 9 meter pada kontur dasar perairan yang berbentuk slope atau miring. Karang lokasi pengamatan ini berbentuk fringing reef (terumbu karang tepi), kondisi arus termasuk kategori sedang dan semakin kencang menjelang sore hari.

Substrat dasar perairan pada lokasi pengamatan Barat Gili Gede didominasi oleh kelompok Hard Coralatau Karang Keras. Kondisi terumbu karang pada lokasi pengamatan ini termasuk dalam kategori sedang karena memiliki persentase diantara 25%-49,9%. Persentase terbanyak kedua adalah dari kelompok (patahan karang) atau berupa patahan-patahan karang. Sedangkan persentase ketiga berupa <em>Soft Coral</em> atau Karang lunak terutama dari genera. Biota (lainnya) yang ditemukan terutama berasal dari kelompok lili laut.