Pantai Mekaki Sekotong atau disebut juga dengan sebutan Teluk Mekaki mungkin terdengar sangat asing ditelinga dibandingkan beberapa pantai lain di Pulau Lombok yang keberadaanya sudah terdengar di penjuru dunia seperti Pantai Selong Belanak Lombok Tengah ataupun Pantai Tanjung Ringgit yang terdapat di Kabupaten Lombok Timur, namun ketika anda sudah melihat dan merasakan secara langsung keindahan yang dimiliki oleh pantai ini maka anda akan tersadar bahwa Pantai Mekaki adalah salah satu pantai yang layak untuk dikunjungi selain dari kedua pantai yang sudah disebutkan sebelumnya.

Keindahan dari mekaki memang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia bahkan oleh masyarakat sasak sendiri, sungguh amat sayang rasanya jika pesona Pantai Mekaki yang terbentang luas ini dilewatkan begitu saja, alangkah baiknya jika sebelum tewas, die, mampus, meninggal atau apapun itu kita bisa menyempatkan, menyibukkan, mempersiapkan atau mengatur langkah menuju Pantai Mekaki yang berpasir putih, dan disisi kiri kanannya terdapat bebukitan yang menjadi ciri khas pantai-pantai yang terdapat di pulau lombok.

Pantai Mekaki tidak terlalu populer di telinga wisatawan. Namanya kalah terkenal dengan pantai Kuta dan Senggigi, tapi jika mengunjunginya, kita akan sadar bahwa pantai ini layak untuk dijadikan destinasi wisata. Sepanjang perjalanan menuju pantai hingga akhirnya sampai ke Mekaki, kita tak henti-hentinya disuguhi keindahan.

Pantai Mekaki memiliki daya tarik yang mengagumkan bahkan sebelum anda benar-benar memasuki kawasan wisata Pantai Mekaki ini anda akan di suguhkan oleh pemandangan sawah penduduk yang terbentang luas sepanjang jalan menuju Pantai, bukan hanya sekedar pemandangan sawah saja yang akan anda temukan sebelum anda sampai di bibir Pantai Mekaki, selama perjalanan menuju pantai anda juga bisa melihat bukit-bukit hijau, gugusan pulau gili dan birunya air laut yang seakan menanti tangan-tangan nakal untuk memperkosa indahnya ciptaan Tuhan. Rangkul aku, peluk dan cium aku, jamahilah seluruh tempat yang kau rasakan indah pada setiap bagianku mungkin sepenggal kata-kata nakal tersebut adalah salah satu kata yang membisik perlahan sebelum anda sampai di tujuan.am. akuarium ini lah yang paling besar ukurannya, paling tak beraturan bentuknya.

Perjalanan menuju Mekaki sama indahnya dengan Mekaki itu sendiri. Sepanjang perjalanan kita akan melihat hamparan sawah, perbukitan yang hijau, pesisir pantai yang indah serta gugusan gili yang terlihat dari jalan raya menuju Mekaki. Ada Gili Gede, Gili Nanggu dan Gili Penyu dari kejauhan yang menemani perjalanan kita. Kontur jalannya naik turun sehingga sebelum mencapai Mekaki, kita sudah bisa melihat pantai ini dari kejauhan. Dari jauh pantai Mekaki terlihat sangat indah karena airnya yang biru berada di sebuah “ceruk” yang sekelilingnya bukit-bukit dengan pepohonan yang hijau. Oya, jangan lupa untuk mengabadikan panorama Mekaki dari ketinggian ini. Sekitar 100 meter dari pantai, jalanan mulai tidak beraspal alias hanya berbatu, namun tetap bisa dilalui dengan baik.

Sampai di Mekaki, kita akan melihat bibir pantai yang membentuk lengkungan seperti layaknya bulan sabit. Pasir pantai Mekaki sangat putih bersih. Deburan ombaknya kalem. Perairannya berwarna hijau toska di tepian dan semakin ke tengah samakin biru. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk sekedar melepas lelah dan bersantai di pantai ini. Kerang-kerang disekitar pantai menambah keindahan dan keunikan Mekaki.

Pantai ini berada di sebuah teluk di selatan Sekotong dan dapat ditempuh melalui jalur darat dari kota Mataram. Infrastruktur pendukungnya sudah sangat baik. Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk mencapai Mekaki yang terbentang di 70 km sebelah barat daya Lombok, Nusa Tenggara Barat. Anda sebaiknya menyewa mobil atau motor saat menuju Mekaki. Dengan begitu kita bisa leluasa mengambil beberapa view yang menarik selama perjalanan.

Ketika sampai di bibir pantai ketika itu pula lelah yang anda rasakan seakan sirna oleh indahnya Pantai Mekaki, pasir pantai nan lembut deburan ombak yang berbisik perlahan menghapus penat yang selama ini anda rasakan dan perlahan pula segala masalah yang anda rasakan memudar seiring hati yang mulai riang oleh keindahan Pantai Mekaki yang begitu tenang.

Lokasi dari Pantai Mekaki yang mudah di akses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat merupakan salah satu kelebihan dari pantai ini, dibandingkan dengan obyek wisata pantai lainnya seperti Pantai Batu Payung yang merupakan obyek wisata yang dimiliki oleh kabupaten tetangga yaitu Lombok Tengah Pantai Mekaki bisa dibilang sudah layak untuk dijadikan tujuan wisata baik itu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Mekaki berlokasi di Lombok Barat tepatnya di Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong yang apa bila kita lihat pada peta lokasinya terletak di bagian selatan daerah Sekotong dengan bentuk seperti ekor burung.

Bagaimana cara menuju Pantai Mekaki Sekotong ?
Dari Kota Mataram menuju Pantai Mekaki membutuhkan waktu kurang lebih dua jam perjalanan dengan jarak sekitar 70 Km, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum baik itu roda dua dan roda empat kearah selatan dari Kecamatan Sekotong.