Tak hanya keindahan pantai dan pemandangannya yang menakjubkan, Pulau Lombok juga terkenal sebagai salah satu penghasil mutiara terbaik di dunia. Sebagai penunjang, teradapat banyak sentra pengerajin mutiara di pulau surga ini. Salah satu diantaranya adalah Kampung Sekarbela.

mataram craft center lombokKampung Sekarbela secara administratif berada di Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Sekitar 4 Kilometer dari pusat Kota Mataram. Di kampung ini terdapat banyak pengerajin perhiasan dari berbagai bahan mulia. Seperti Emas, Perak, dan Mutiara. Di tangan terampil mereka, Anda akan menyaksikan bagaimana sebuah mutiara diubah menjadi perhiasan yang indah dalam waktu singkat. Profesi ini telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Di kampung mutiara Sekarbela ini Anda bisa mengunjungi toko-toko yang menampilkan hasil jadi kerajinan mutiara. Mulai dari butiran mutiara, sampai mutiara yang terbalut logam mulia yang berbentuk perhiasan. Seperti anting-anting, kalung, dan gelang. Bisa dipastikan Anda akan puas berbelanja perhiasan mutiara di tempat ini. Anda juga bisa mendapatkan perhiasan yang terbuat dari bahan lain, seperti Batu Safir atau Batu Kecubung. Sederet toko perhiasan akan Anda temukan di kawasan ini. Anda juga bisa mengunjungi Mataram Craft Centre yang berada di jalan Ahmad Dahlan, Pegangsangan.

Harga perhiasan di Kampung Mutiara Sekarbela bervariatif, biasanya tergantung dari jenis dan berat perhiasan. Terdapat dua macam jenis untuk perhiasan mutiara. Yaitu Mutiara Laut dan Mutiara Air Tawar. Mutiara Laut biasanya berbentuk oval, serta berwarna putih, emas, hitam dan perak. Sedangkan Mutiara Air Tawar bernbentuk bundar, dengan varian warna seperti putih, biru, pink, kuning, dan oranye. Biasanya warna mutiara dari jenis air tawar lebih bervariasi, karena warna tersebut disuntikkan dari bahan tertentu ke induk kerang penghasil mutiara.

Untuk masalah harga, Mutiara Laut cenderung lebih mahal dibanding Mutiara Air Tawar. Anda bisa mendapatkan Mutiara Laut dengan harga mulai Rp. 100.000,- hingga Rp. 500.000,- per gram-nya. Sedangkan untuk Mutiara Air Tawar, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 15.000,- per butir.

Anda juga bisa memesan perhiasan sesuai dengan keinginan Anda. Baik dari bentuk maupun bahan perhiasan. Untuk desain yang simpel, Anda bisa menunggu proses pembuatan perhiasan selama 3 hari saja. Namun untuk desain yang relatif rumit, Anda harus menunggu sampai 1 minggu.

Selain mencuci mata dan berbelanja perhiasan, Anda juga bisa menengok proses pembuatannya. Salah satu toko yang akan menerima Anda adalah Toko Mutiara Lombok, yang berlokasi di Jl. Sultan Kaharuddin, Mataram. Di toko tersebut Anda bisa menyaksikan bagaimana mutiara dipadu dengan emas, perak, dan logam lainnya menjadi sebuah perhiasan. Proses pembuatannya terbilang sederhana. Namun kualitasnya bisa ditandingkan dengan perhiasan yang dibuat secara modern.

Untuk mengunjungi Kampung Mutiara Sekarbela sangatlah mudah. Anda bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi selama 30 menit dari pusat kota. Anda bisa menempuh rute Mataram-Pagesangan-Sekarbela. Namun jika Anda ingin mengunjungi Kampung Sekarbela dengan menggunakan kendaraan umum, Anda hanya bisa menggunakan Cidomo. Anda bisa menaiki Cidomo dengan jurusan Mataram-Pagesangan (Rp. 2.000,- per orang), kemudian dilanjut dengan Cidomo jurusan Pagesangan-Sekarbela dengan tarif yang sama.
Also mentioned: harga mutiara air laut per gram, mutiara pulau lombok indoneisa, sejarah kelurahan karang pule mataram, toko mutiara yang terkenal di lombok, mutiara sekarbela.