Gili Air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, dan Gili Meno. Ketiga pulau ini terkenal dengan keindahan pantainya, maka tak heran apabila Gili Air menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Lombok.

Dari ketiga pulau gili yang telah disebutkan diatas, Gili Air merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan pulau Lombok.Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan berada di kawasan barat pantai Lombok, serta mampu menampilkan gambaran keindahan pantai-pantai yang berada di Lombok. Lokasi Gili Air tepatnya teletak di Desa Gili indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Berkunjung ke Gili Air wisatawan dapat menjelajahi beberapa titik untuk menikmati keanekaragaman hayati laut Indonesia. Diantaranya pengunjung dapat melihat spot kuda laut, kura-kura, beragam ikan dengan berbagai warna, serta keanekaragaman penghuni laut lainnya. Masyarakat setempat mnyebut GIli Air dengan nama "Tengaq Aiq" yang berarti ditengha-tengah laut. Mayoritas penduduk asli Gili Air berasal dari suku bugis dan suku sasak, dan mereka bermata pencaharian utama sebagai nelayan, pedagang, dan pemandu wisata. Mayoritas pengunjung GIli Air merupaka wisatawan mancanegara, seperti dari negara Inggris, Prancis, Australia, Belanda, Italia, maupun negara-negara lainnya. Gili Air biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada bulan Juli hingga Agustus.

Fasilitas dan Akses
Fasilitas wisata di Gili Air sangat lengkap,terdapat fasilitas seperti hotel, restoran, maupun bar, sehingga dapat membuat wisatawan nyaman berkunjung ke pulau ini. untuk menuju Gili Air, penunjung dapat menempuh perjalanan menggunakan kapal motor (boat) dari pelabuhan Bangsal dengan jarah tempuh sekitar 25 menit.
Sementara untuk mencapai pelabuhan Bangsal, pengunjung dapat mencapainya dari Mataram dengan menaiki Angkutan umum maupun angkutan pribadi dengan dua rute pilihan, yaitu Mataram – Rembiga – Gunung Sari – Kekait – Pusuk – Pemenang – Bangsal ataupun melalui jalur Mataram – Meninting – Batu Bolong – Senggigi – Kerandangan – Melimbu – Pemenang dan Bangsal.

Sepanjang perjalanan pun wisatawan dimanjakan dengan keindahan tempat-tempat wisata yang ada di Lombok. Apabila menggunakan rute pertama, wisatawan akan melewati daerah pusuk yang masuk dalam kawasan gunung rinjani. Sementara lewat jalur kedua, wisatawan akan disuguhi keindahan garis pantai Lombok hingga sampai ke tempat tujuan di pelabuhan Bangsal.

Untuk masuk ke GIli Air pengunjung tidak akan dikenakan biaya, sementara untuk biaya perahu motor untuk menyeberang dari pelabuhan Bangsal menuju Gili Air dikenakan biaya sebesar Rp.8.000-Rp.25.000 per orang tergantung jenis perahu motor yang digunakan. Untuk jadwal penyeberangan pada pagi hari sekitar pukul 08.30 dan sore hari.
Apabila ingin berkeliling pulau Gili Air dengan menggunakan sepeda, di pulai ini terdapat juga fasilitas penyewaan sepeda dengan harga Rp.30.000. Tentunya dengan harga tersebut anda sudah bisa seharian mengelilingi pulau Gili Air dengan sepeda sewaan tersebut.

Daya tarik utama Gili Air adalah sepi yang selalu melingkupi daerah ini. Suasananya tenang khas pedesaan Lombok. Masyarakatnya ramah dan selalu menyambut tamu dengan suka cita. Dari Gili Trawangan, Gili Air dapat dicapai dengan menumpang boat dengan tarif Rp. 10-20 ribu per penumpang. Jadwal boat dari Gili trawangan ke Gili Air hanya 2 kali yakni pada 08.00 WITA dan pukul 15.00 WITA untuk rute sebaliknya. Tapi jangan khawatir, jika Anda ketinggalan boat tersebut, Anda bisa menyewa boat namun dengan harga yang agak mahal.

Pulau seluas 170 hektar dengan penduduk jarang ini merupakan gili yang paling dekat dengan Lombok. Untuk mengelilingi pulau ini, Anda hanya butuh waktu 90 menit dengan berjalan santai mengitari bibir pantai.

Gili Air menawarkan beberapa spot diving dan snorkling yang menawan. Anda tidak akan kesulitan untuk memuaskan hasrat menyelam Anda karena disini banyak operator yang menyediakan peralatan dan pemandu selam. Sudut pantai yang biasa dikunjungi para penyelam adalah di bagian timur Gili Air. Di sana kita akan dihujani pemandangan yang luar biasa. Ikan-ikan karang akan menemani kita selama snorkling. Kawasan yang biasa dipakai snorkling ini mempunyai kedalaman dari 1, 5 meter hingga 3 meter. Jangan terlalu jauh menyelam, karena di kawasan ini dipasang sebuah tali sebagai tanda jika kita sudah melewati batas aman untuk snorkling.

upayakan snorkling pada saat ombak sedang landai. Cobalah menyelam agak ke tengah untuk mendapatkan pemandangan bawah laut yang memesona. Saat ombak besar, lebih baik menikmati kecipak pantai di tepian saja. Anda tentu tidak mau keselamatan Anda terancam bukan?

Puas snorkling, Anda bisa menghabiskan waktu sembari ngobrol dengan warga sekitar. Karena sedikitnya penduduk yang menghuni Gili Air, maka mereka justru lebih cepat akrab dengan wisatawan. Bercengkeramalah dengan mereka dan Anda akan merasakan suasana kekeluargaan dibalut ketenangan Gili Air. Bahkan saking sepinya, banyak yang mengatakan Gili Air cocok untuk wisatawan atau pasangan yang benar-benar ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kota dan pekerjaan sehari hari.