Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi kawasan wisata bahari. Tempat ini dapat dicapai dari Kota Mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat dengan perjalanan melewati Pantai Senggigi yang berlatarkan pemandangan pantai yang menakjubkan serta hutan lindung. Di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pasirnya putih dan masih alami. Di Gili Meno kendaraan bermotor sangat dibatasi, demikian pula penggunaan listrik.

Gili Meno adalah pulau terkecil sekaligus paling sunyi diantara gili lainnya. Seperti pada dua gili lainnya, Gili Meno juga dikelilingi oleh pantai dengan pasir yang indah. Pantai ini bisa Anda jelajahi sekitar 90 menit dengan jalan kaki. Tidak ada mobil atau motor di sini, sehingga keheningan dan kualitas udahnya tidak perlu diragukan lagi. Jika kebetulan barang bawaan Anda cukup banyak, Anda bisa menggunakan cidomo (aka: dokar, gerobak yang ditarik oleh kuda) yang bisa membantu mengangkut barang bawaan Anda dari tempat bersandarnya perahu di sisi timur ke penginapan Anda.

Meskipun sunyi, sebenarnya Gili Meno juga dihuni oleh warga setempat namun hanya sekitar 400 orang. Sebagian besar penduduk tinggal di sekitar jalan yang menghubungkan satu bagian pulau ke bagian lainnya.

Selain kendaraan bermotor, listrik juga masih sangat jarang di sini. Hanya ada beberapa orang dan villa yang memiliki generator. Umumnya penduduk setempat masih menggunakan lilin/obor untuk penerangan dan menggunakan kayu bakar untuk memasak

belum puas hanya dengan berkeliling dan melihat pantai saja, cobalah untuk bersnorkeling. Bersnorkeling di Gili Meno sangat mengasyikkan karena selain air lautnya yang sangat jernih, Anda juga sudah dapat melihat ikan bahkan penyu bermain-main di pantai yang cukup dangkal. jika Anda penggemar diving, ini adalah hal wajib yang harus Anda lakukan di Meno. Dengan air laut yang sangat jernih, Anda bisa melihat terumbu karang yang masih terjaga, hiu karang, dan penyu.

Anda juga bisa mengunjungi taman burung kecil yang ada di pulau untuk melihat berbagai spesies burung yang indah. Di Gili Meno juga terdapat sebuah penangkaran penyu hijau. Anda bisa berkunjung ke sana untuk melihat-lihat serta mendukung upaya restorasi yang di lakukan disini.