Berjarak 50 kilometer atau sekitar 2 jam dari Kota Mataram, Pantai Mangsit bisa menjadi alternatif tujuan wisata selain Pantai Senggigi yang namanya sudah sangat terkenal.
Berbeda dengan Pantai Senggigi yang ramai, Pantai Mangsit terbilang cukup sepi. Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan, pantai ini menjadi pilihan yang sangat cocok. Hamparan pasir yang membentang dan hembusan angin laut yang sejuk menambah kenyamanan saat mengunjungi pantai yang terletak di bagian utara Kabupaten Lombok Barat ini.

Bagian belakang pantai dihiasi pepohonan kelapa yang membuat tempat ini terlihat begitu asri. Melihat kawanan sapi saat mencari makan menjadi pemandangan yang dapat Anda nikmati di Pantai Mangsit.

Akses ke Pantai Mangsit masih tergolong sulit. Untuk dapat ke sini, sebaiknya Anda menggunakan jasa penyewaan motor atau mobil. Belum adanya angkutan umum yang menuju Pantai Mangsit membuat perjalanan Anda sedikit tertantang untuk bisa sampai ke sini.

Pantai Mangsit mempunyai garis pantai yang lumayan panjang. Hal itu membuat kita bisa sepuasnya menikmati keindahan pantai ini. Kegiatan utama di Mangsit adalah snorkling. Keindahan kehidupan bawah lautnya menjanjikan panorama yang sayang kita lewatkan. Kelestarian biota lautnya masih sangat terjaga. Pesona lain dari pantai Mangsit adalah keindahan sunsetnya yang membuat para wisatawan banyak datang ke pantai ini pada sore hari. Bagi para penghobi fotografi, sunset di pantai ini akan memberikan view yang menarik. Pemandangan ini bisa dikombinasikan dengan aneka kegiatan pengunjung yang sedang bersantai di bibir pantai.

Jika langit sedang cerah. Kita bisa melihat matahari terbenam dengan sempurna. Warnanya jingga membuat suasana seluruh pantai pun merah merona. Belum lagi keindahan pantai berpasir putihnya yang membuat setiap orang betah berlama-lama. Warna perairan di pantai mangsit cenderung biru tua dan hijau toska di tepiannya. Ombaknya landai dengan perbukitan di beberapa sisi pantai.

Pantai ini berada di Lombok Barat. Tepatnya di sebelah barat laut Pulau Lombok atau sekitar 50 km dari kota Mataram. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke tempat ini. Hampir sama seperti Senggigi, disekitaran pantai Mangsit banyak terdapat hotel, vila dan resort. Anda bisa memilih sesuka hati jika memang ingin berlama-lama di kawasan ini.

Di utara pantai Senggigi kita tidak hanya menemukan pantai Mangsit, ada pantai Kerandangan yang tak kalah cantik. Pada hari libur, pantai ini akan disesaki ribuan orang wisatawan. Pantai ini dibagi tiga bagian, yakni pantai Kerandangan 1, 2 dan 3. Masing-masing pantai sebenarnya terletak bersebelahan namun mempunyai jalan masuk sendiri-sendiri. Wisatawan sendiri paling menyukai pantai Kerandangan 3 karena terletak paling ujung dan bersebelahan dengan bebatuan sehingga bisa kita panjat untuk mendapatkan view sunset yang menarik.
Sama halnya dengan pantai Mangsit, Kerandangan juga digemari warga sekitar. Banyak warga yang menghabiskan sore di Kerandangan, bersantai dengan keluarga atau sekedar berfoto bersama. Pantainya masih bersih, cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan hari dengan berenang, berlayar atau sekedar bermain di bibir pantai.