Apa yang pertama kali ada di pikiran anda ketika mendengar nama pantai kuta pasti pantai yang ada di Bali, namun jangan salah pantai Kuta juga ada di Lombok. Jika anda ingin wisata ke Pantai Kuta Lombok, Pantai ini berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Awalnya Pantai ini biasa-biasa saja, namun setelah banyak pembangunan hotel-hotel kemudian pantai ini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi.

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Kuta Lombok, datanglah ke Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer. Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat, tentang seorang putri bernama Mandalika. Putri Mandalika akhirnya melompat ke laut dari bukit ini, karena menghindari kejaran seorang pangeran yang hendak mempersuntingnya. Nah pada saat sekarang, bukit ini menjadi tempat yang paling tepat untuk menikmati pemandangan Kuta dari ketinggian. Jika Anda mencapai puncak Bukit Mandalika, Anda akan menemui pemandangan Pantai Kuta yang terbentang indah, dengan air lautnya yang bening. Bahkan Anda juga bisa melihat gugusan terumbu karangnya.

Pantai Kuta Lombok memiliki pasir pantai berwarna putih yang sangat halus dengan air laut yang jernih hingga anda bisa melihat pemandangan bawah lautnya. Di Pantai Kuta Lombok terdapat bukit yang bernama Mandalika, adanya bukit ini menambah keindahan tersendiri. Selain itu wilayah pantainya sangat aman untuk melakukan kegiatan air seperti mandi atau berenang, untuk anda yang suka olahraga air juga tersedia fasilitas seperti banana boat, windsurfer dan jetski.

Selain menikmati olahraga air dan keindahan alamnya anda juga bisa melihat upacara bau nyale yang diadakan setahun sekali di Pantai Seger sekitar 2 km sebelah timur pantai Kuta yang diadakan sekitar bulan Februari dan Maret. Upacara bau nyale merupakan penangkapan cacing nyale oleh masyarakat setempat untuk mengenang kisah putri mandalika yang diperebutkan oleh tiga pria.

Dari Kota Mataram, Pantai Kuta Lombok ini berjarak sekitar 72 Kilometer ke arah Tenggara, dan bisa dicapai sekitar 90 Menit perjalanan. Disarankan agar Anda menyewa mobil atau bergabung dengan paket tour. Karena angkutan umum sangat jarang dan relatif mahal. Serta hanya beroperasi sampai jam 3 sore. Jika Anda terlambat, maka Anda harus menginap, atau menyewa taksi yang harganya relatif mahal.

Sebelum mencapai pantai ini, Anda akan melewati Desa Sade. Desa ini adalah desa Suku Sasak, penduduk asli Pulau Lombok. Di desa ini, masyarakat Suku Sasak juga membuat Kain Tenun Tradisional. Pastikan Anda mempir sebentar, untuk melihat proses tradisional pembuatan kain tenun ini.

Setelah Anda sampai di lokasi pantai, banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai nan menakjubkan ini. Seperti snorkling, berselancar, atau hanya sekedar bermain air sembari menanti sunset yang indah. Sekitar 2 km sebelah timur Pantai Kuta, Anda bisa mengunjungi juga Pantai Seger. Pantai ini masih berada pada garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta. Pemandangannya juga menakjubkan. Namun untuk pecinta snorkling dan selancar, Pantai Seger adalah tempat yang tepat. Di pantai ini juga tersedia persewaan alat snorkling dan selancar. Namun pastikan Anda menawar sampai 30% jika berminat menyewa.

Karena Pantai Kuta Lombok sudah cukup terkenal, maka jangan khawatir untuk urusan menginap. Disekitar Pantai Kuta dan Pantai Seger sudah banyak tersedia penginapan dan hotel.
Also mentioned: pantai kuta lombok, penginapan yang romantis di pulau lombok dan harganta, cerita tentang wisata kaliantan lombok, tips ke pantai kuta, pemandangan pantai yang di ambil dari laut.