×

Warning

JFolder: :files: Path is not a folder. Path: /home/lombokgi/public_html/images/kondo-kapal

×

Notice

There was a problem rendering your image gallery. Please make sure that the folder you are using in the Simple Image Gallery plugin tags exists and contains valid image files. The plugin could not locate the folder: images/kondo-kapal

Gunung Rinjani selalu memikat para wisatawan yang berkunjung ke Lombok, NTB. Dari Bukit Pergasingan, Gunung Rinjani tampak indah sekali. Jalur pendakian ke Rinjani dahulu cuma ada dua yaitu dari Senaru dan Sembalun. Namun sekarang sudah ada beberapa jalur pendakian. Bagi yang tidak mengejar puncak gunung biasanya wisatawan naik melalui Senaru. Namun bagi wisatawan yang mengejar puncak, biasanya mereka naik dari Sembalun.

Tetapi bagi mereka yang tak sanggup naik walau sampai Segara Anak, wisatawan bisa berfoto-foto dengan latar belakang Gunung Rinjani. Bukit Pergasingan Lombok, kini muncul

Artikel ini saya dedikasikan untuk teman-teman pecinta trekking semi ekstrim. bagi teman-teman yang hanya menyukai fun trekking gak apa-apa lah ikutan nyimak. bagi yang memang seneng banget sama yang namanya semi ke ekstrim trekking dan adventure tentunya wajib membaca artikel ini sampai akhir. Pernahkah anda mendengar tentang air terjun sekeper? Rekor air terjun tertinggi di lombok dipegang oleh air terjun ini.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa air terjun yang terletak di dusun waker, desa santong kecamatan kayangan kabupaten lombok utara ini memiliki ketinggian sampai 113 meter ( hasil

Air terjun mangku sakti mungkin masih terdengar asing bagi para pecinta wisata alam,air terjun ini berlokasi di desa sajang,sembalun,lombok timur,ntb. Air terjun mangku sakti ini terletak di kaki gunung rinjani, menurut salah satu warga sekitar mangku sakti itu berarti penunggu yang ilmu nya mumpuni alias sakti, mangku dalam bahasa lombok atau sasak berarti tetua .

Asal mula nama air terjun mangku sakti ini adalah dahulu kala ada seorang mangku, menurut warga sekitar mangu tersebut bernama titi kastura yang bertugas menjadi juru kunci dikaki gunung rinjani. Pada waktu itu warga menjulukinya

Bagi Anda yang menyukai tantangan wisata air / sungai, Kami menyediakan sarana Permainan sekaligus berolah raga, yaitu Arung Jeram dan River Tubing, dimana anda akan merasakan sensasi mengarungi sungai dengan menggunakan PERAHU KARET maupun dengan BAN.

Cobain deh wahana wisata baru di pulau pedas ini, yaitu Arung Jeram yang dikelola oleh "Lombok Rafting".

Saat saya pertama kali posting foto arung jeram di akun twitter @lombokkita , banyak follower yang gak percaya di Lombok ada maenan gituan, hohohoho saya jadi senyum senyum sendiri.

Lombok Rafting ini basecamp nya ada di desa Batu Mekar

Dari sekian banyak gili di sekitar Lombok, ada satu gili yang mulai dikenal masyarakat nih, namanya Gili Petelu, yang lokasinya ada di daerah Jerowaru Lombok Timur, atau tepatnya di sebelah kiri Pantai Tangsi a.k.a Pantai Pink.

"Petelu", ada kata "telu" di sini yang artinya tiga. Nah mungkin ya gegara di sini ada tiga gugusan bukit kecil sehingga dinamakan "Gili Petelu" #IMO. Menurut info dari tukang perahu nya, di sekitar Gili Petelu ini bagus terumbu karangnya, sehingga gue ama temen gue pun nurut aja pas diajakin snorkling di sekeliling gili ini.

Banyak wisatawan domestik maupun wisatawan

Pulau Lombok saat ini telah menjadi salah satu Ikon wisata Indonesia, Keindahan pulau lombok tiada duanya di Indonesia, Keramahan masyarakat Sasak, Keindahan pantainya yg sangat putih, terumbu karang dan kekayaan hayati yg luar biasa, Kemegahan Gunung Rinjani serta keunikan budaya sasak banyak mengundang decak kagum wisatawan dalam dan luar negeri.

Keindahan Pulau Lombok dan eksotismenya akan mengundang Anda dan pasangan untuk berbulan madu disini. Begitu juga dengan exotisme Pulau Gilis juga akan mengundang anda untuk menikmati keindahan pulaunya.

Pulau ini merupakan salah satu dari dua pulau

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) adalah salah satu ekosistem dengan tipe hutan hujan pegunungan dan savana yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. TNGR ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.280/Kpts-II/1997 dengan luas 40.000hA walaupun dilapangan luasnya lebih dari 41,000hA.

Keanekaragaman hayati
TNGR memiliki ragam flora antara lain; Jelatang (Laportea Stimulans), Dedurenan (Aglaea Argentea), Bayur (Pterospermum Javanicum), Beringin (Ficus Benjamina), Jambu-jambuan (Syzygium sp) Keruing (Dipterocarpus Hasseltii), Rerau (D

Jika Anda mengunjungi Taman Mayura, jangan lupa untuk mampir juga ke Pura Meru yang saling berdekatan. Sama dengan bangunan bersejarah lainnya di Lombok, Pura Meru-pun menyimpan cerita unik dan menarik. Anda tertarik?

Pura yang berada di Cakranegara ini mempunyai tiga wilayah suci, yakni yang membentang dari barat ke timur. Di bagian barat yakni Rumah Kulkul atau Kentongan. Wilayah tengah digunakan untuk tempat sesaji, upacara dan sembahyang. Sedangkan wilayah yang paling timur tempat beradanya 3 pura yang menjulang tinggi.

Pura Meru adalah pura terbesar dan salah satu pura Hindu Bali

Ada banyak cerita sejarah di balik berdirinya Taman Mayura. Seperti tentang burung Merak, Bale Kambang, Taman Kalepug dan asal usul didirikannya taman yang terletak di Kecamatan Cakranegara Mataram tersebut. Dan setelah Anda menyimak semua ceritanya, Anda akan terpana, betapa kekayaan negeri ini memang sudah dimulai sejak jaman kerajaan.

Dalam bahasa Sansekerta, Mayura berarti burung Merak. Taman yang dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem pada 1744 ini pada awalnya bernama Taman Kalepug yang berati suara jatuhnya air di telaga. Nah, mengapa berganti menjadi Mayura karena pada kala itu

Gunung Pengsong, di Kabupaten Lombok Barat, NTB, bisa dibilang bukan tempat wisata biasa. Ada banyak hal yang bisa dinikmati pengunjung di sini. Selain suasana alam dan panorama yang masih asri, objek wisata ini juga kaya nilai sejarah dan budaya.

Gunung Pengsong hanya sebuah bukit batu hitam dengan rindang pepohonan, dengan ketinggian puncak sekitar 200 meter diatas permukaan laut (mdpl). Tapi yang menarik, dari puncak Gunung Pengsong, kita bisa melihat dan menikmati panorama indah Kota Mataram dan Lombok Barat dari berbagai arah.

Di puncak ini pula, terdapat sebuah tempat peribadatan umat

Lombok memiliki banyak pura yang sarat budaya. Salah satu pura menarik yang bisa dikunjungi saat liburan ke Lombok Barat, NTB adalah Pura Suranadi. Letaknya yang berada di tengah hutan wisata, semakin menyejukkan mata dan hati.

Pura yang hanya berjarak 30 menit dari Kota Mataram ini merupakan bagian dari hutan wisata yang ada di Lombok barat. Keunggulan tempat ibadah ini dibanding tempat lainnya adalah ketenangannya. Letaknya yang bukan di pusat kota, membuat pura ini lebih syahdu.

Pepohonan yang mengelilingi pura membuat udara semakin sejuk. Di sini, kegiatan peribadatan sangat kental

Selain Senggigi, ini adalah salah satu wisata pantai di Lombok yang menawan. Pantai Selong Belanak ini terletak di Kabupaten Lombok Tengah, memiliki pasir pantai yang putih dan bersih.

Pantai Selong Belanak Lombok, Selong Belanak Beach merupakan salah satu diantara sekian banyak pantai yang ada di Pulau Lombok daerah selatan Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Selong Belanak Lombok atau Selong Belanak Beach Lombok ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan masih alami untuk dinikmati. Perjalanan menuju lokasi Pantai Selong Belanak Lombok ini membuat anda

Pantai Bangko-bangko, mendengar namanya saja mungkin cukup asing ditelinga kalian, walaupun pantai satu ini tidak setenar dan seterkenal Pantai Senggigi atau pun Pantai kuta Lombok, namun kalau ditanya masalah panorama alamnya, Pantai ini tak kalah cantik dari 2 pantai tersebut.

Tidak hanya mengandalkan keindahan dan eksotisme alamnya, Pantai bangko-bangko juga menawarkan beragam aktifitas olah raga air yang bisa kalian coba disana, yang tentunya mampu membuat kalian betah berlama-lama berada di air.

Seperti Surfing/Berselancar, bahkan salah satu Organisasi resmi olahraga selancar Dunia

Satu lagi objek liburan pantai di lombok yang masih jarang dikunjungi banyak orang, namun menyimpan sejuta keindahan alamnya. Terletak di kecamatan Sekotong tengah lombok Barat. berjarak 50 Km dari Kota Mataram dengan menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam. Terdapat sebuah pantai yang memang masih sangat sepi namun pemandangan tak kalah indah dari pantai-pantai di Bali.

Namanya pantai belongas/ tanjung Belongas. Pantai yang masih sangat sepi dan belum banyak dikunjungi wisatawan dengan pemandangan alamnya yang eksotis. Pantai ini sangat cocok bagi kalian yang suka petualangan, karena pantai ini

Air Terjun Kerta Gangga berada di Dusun Kerta Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara (KLU). Di tempat ini terdapat tiga air terjun. Ketiga air terjun tersebut bisa kita nikmati dalam satu kali kunjungan. Akses jalannya cukup bagus, dari Tanjung yang merupakan pusat pemerintahan KLU menuju timur ke Desa Gondang. Di sebelah kanan jalan terdapat penunjuk arah ke air terjun tepat di pertigaan jalan.
Dari tempat ini, kira tujuh kilo meter lagi Anda tiba di tempat yang kita tuju. Jalannya berhotmix namun tidak terlalu lebar. Di beberapa titik terdapat jalanan berpasir. Bahayanya

Secara cara administrasi pulau Gili Asahan terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Gili Asahan masuk dalam status kawasan Desa Kepulauan. Ada 33 kepala keluarga yang menempati pulau ini.

Batas wilayah Pulau Gili Gede pada bagian sebelah utara berbatasan dengan Selat Lombok,  di bagian selatan berbatasan dengan Teluk Blongas, di barat berbatasan dengan Tanjung Bangko-Bangko dan untuk bagian timur berbatasan dengan Laut Desa Gili Gede.

Diantara pemukiman warga tedapat tempat tinggal warga asing MR. Lusiano

Di tempat ini terdapat pantai yang memiliki hamparan pasir pantai putih yang luas. Juga memiliki ombak yang cocok untuk dijadikan arena olahraga surfing atau selancar. Hamparan pasir yang landai dan memiliki ombak tinggi yang tak pernah surut. Hal ini karena lokasi pantai yang langsung berhadapan dengan Samudra Indonesia yang dikenal memiliki ombak laut yang besar.

Didukung juga oleh lokasi sekitar pantai yang datar dan dikelilingi perbukitan yang mengitari lokasi sekitar pantai, membuat lokasi ini cocok sekali untuk dijadikan daerah tempat beristirahat bagi turis-turis baik asing maupun

Gili Gede adalah sebuah pulau kecil yang terletak 500 meter di sebelah barat laut Pulau Lombok. Pulau yang memiliki panjang maksimum 4 km. Pulau ini merupakan pulau paling besar di daerah sekotong, pada bulan juni tahun 1994 pulau ini pernah di adakan perlombaan lari lintas alam Gili Gede 10 km, di pulau gili gede terdapat sebuah sekolah dasar dan menengah satu atap (SPDT 13 lombok barat) dan terdapat 4 masjid, pada tahun 2012 pulau ini di resmikan menjadi sebuah desa kepulauan, meliputi Gili Gede,Gili Layar, dan gili rengit, dengan jumlah penduduk 1000 jiwa 550 kepala keluarga, gili gede

Gili Layar dan Gili Rengit merupakan2 dari 12 Gili yang ada di Garis Pantai Sekotong Lombok barat.

Gili-Gili itu antaralain Gili Nanggu, Gili sudak, Gili tangkong, Gili kedis, Gili lontar, Gili genting, Gili poh,Gili gede, Gili rengit, Gili asahan,Gili layar, dan Gili Anyaran.
Gili sendiri merupakan sebutan untuk pulau kecil dalam Bahasa Suku Sasaq Lombok.

Sepanjang pengalaman menjelajahi Gili tersebut, menurut kedekatan dan dapat di jangaku perhari dan adanya ketersediaan “perahu nelayan utk menyebrang”, kira-kira bisa saya kelompokkan ke dalam :

*Gili Nanggu,sudak,tangkong dan kedis

Untuk Anda yang berjiwa petualang serta menyukai hobi fotografi, tempat yang satu ini akan memuaskan petualangan Anda di Lombok. Terletak di ujung Tenggara Pulau Lombok dan letaknya yang cukup jauh dari Kota Mataram, akan menyuguhkan pada Anda petualangan serta pemandangan yang sempurna. Namanya Tanjung Ringgit.

Berada di wilayah Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Tanjung Ringgit terpisah sejauh 85 Kilometer dari Kota Mataram. Untuk mencapai tempat ini Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewa, karena tidak ada akses kendaraan umum yang menuju ke Tanjung Ringgit. Namun letaknya

Gili Lawang adalah sebuah pulau kecil yang terletak 3 km di sebelah timur laut Pulau Lombok. Pulau yang memiliki panjang maksimum 3,5 km ini secara administratif termasuk wilayah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Sejauh 500 meter di sebelah tenggara pulau ini terdapat pulau tetangganya, Gili Sulat.

Berbeda dengan ketiga gili di Lombok Barat, kedua gili ini seolah belum tersentuh oleh komersialisasi dan kehebohan para pengunjung. Justru keindahan yang masih tersembunyi ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Gili Sulat dan Gili Lawang merupakan pulau

Destinasi yg saat ini populer di kalangan wisatawan lokal adalah Pantai Tanjung Bloam.

Tanjung Bloam tersembunyi dibalik hutan jati dan bukit di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Hingga saat ini, kawasan tersebut belum begitu terkenal sehingga mungkin sedikit asing dari khalayak publik.

“tempat ini masih terasa sepi, belum terlalu banyak pengunjung. Mungkin karena tempat ini belum terlalu terkenal ditengah masyarakat. Tetapi saya mengakui bahwa kawasan ini sungguh mempesona,” tutur Fahrul Ramadhan (27) salah wisatawan yang berkunjung ketempat itu, Minggu

Nama Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno pasti sudah sering travelers dengar, atau bahkan jelajahi. Tapi travelers tahu nggak, ada gili-gili lain yang tidak kalah cantik dan jauh lebih sepi dibandingkan ketiga gili tadi? Mereka adalah Gili Kondo, Gili Petagan, dan Gili Bidara, yang berada di daerah Lombok Timur.

Ketiga gili ini memang masih belum sepopuler Gili Trawangan, Gili Air, atau Gili Meno, tapi pesonanya dijamin akan membuat kalian terpikat. Yang asyik, kalian bisa merasakan nikmatnya liburan ala milyuner di pulau pribadi lho! Panorama menawan di ketiga gili ini terbentang hanya

Sulit dipercaya, bahwa didunia ini ada 2 umat yang memiliki latar belakang etnis, kultur dan keyakinan agama, dapat hidup berdampingan di dalam melaksanakan ritusnya masing-masing dan perbedaan bagi mereka adalah sesuatu yang wajar dan logis dan dirasakan sebagai sebuah hikmah dari Tuhan Yang Maha Esa karena perbedaan akan membuat mereka menjadi saling mengenal dan kemudian menghormati keyakinan satu sama lain.Disana ada sebuah sanggar kekeramatan yang diusung oleh kedua umat tertentu sesuai persepsi dan versi keyakinan agama masing-masing. Dalam hal tertentu, mereka dapat mengerjakannya

Lombok memang kaya dengan pantai yang indah. Salah satu pilihan pantai yang indah terdapat di kawasan Lombok Utara, tepatnya Pantai Sire Medana.
Terletak 35 kilometer dari Kota Mataram membuat pantai indah ini menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat terkenal dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.
Hamparan pasir putih yang luas, air yang jernih, dan terumbu karang yang terjaga kelestariannya merupakan sebuah kombinasi keindahan yang sangat menawan, dan Pantai Sire Medana memiliki itu semua. Tak mengherankan kalau setiap jengkal lokasi wisata ini dimanfaatkan para wisatawan untuk

Seperti namanya, Pantai Surga bagaikan sebuah potongan surga yang terdampar di bumi Indonesia. Wisata pantai Lombok ini menyimpan seribu pesona yang akan membuat Anda merasa aneh, merasa bahwa Anda tidak seperti berada di bumi.

Berada di ujung teluk, Pantai Surga Lombok relatif terpencil letaknya. Namun pesonanya melebihi pantai-pantai yang ada di Pulau Lombok. Pantai ini diapit oleh dua tebing yang tinggi, sedangkan pantai utamanya terletak tepat diengah-tengah dua tebing tersebut. Pantai Surga membentang tak lebih dari 600 Meter. Bentuknya seperti huruf U, dengan tepi pantai yang

Taman Narmada terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat atau sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Taman yang luasnya sekitar 2 ha(hektar are) ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka(Oktober-November). Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.

Nama Narmada diambil dari Narmadanadi, anak Sungai Gangga yang

Bukit Malimbu merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Berjarak kira-kira 24 km dari kota Mataram, kurang lebih perjalanan satu jam dengan menggunakan mobil.
Posisinya berada sesudah Pantai Senggigi menuju arah Pelabuhan Bangsal. Tujuh kilometer dari terusan Pantai Senggigi maka perjalanan akan sedikit menanjak. Menandakan bahwa kita sebentar lagi sampai pada dataran tinggi Bukit Malimbu.

Kita tidak perlu membayar tiket untuk memasuki tempat wisata Bukit Malimbu. Cukup membayar uang parkir bagi yang membawa mobil. Tempat parkirnya

Selama ini Pantai Pink yang kebanyakan orang Indonesia tahu hanya ada di Flores, NTT. Ternyata Lombok juga punya, lho! Ini dia Pantai Pink alias Pantai Tangsi di Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Dulu Pantai Pink ini dikenal dengan nama Pantai Tangsi. Pantai yang berada di Desa Pemongkong, Jerowaru ini hanyalah pantai transit untuk nelayan-nelayan yang berasal dari Desa Tanjung Luar, Keruak.

Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan Pantai Pink dari Pulau Lombok terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur adalah sebuah destinasi wisatawan yang menarik

Pantai Mekaki Sekotong atau disebut juga dengan sebutan Teluk Mekaki mungkin terdengar sangat asing ditelinga dibandingkan beberapa pantai lain di Pulau Lombok yang keberadaanya sudah terdengar di penjuru dunia seperti Pantai Selong Belanak Lombok Tengah ataupun Pantai Tanjung Ringgit yang terdapat di Kabupaten Lombok Timur, namun ketika anda sudah melihat dan merasakan secara langsung keindahan yang dimiliki oleh pantai ini maka anda akan tersadar bahwa Pantai Mekaki adalah salah satu pantai yang layak untuk dikunjungi selain dari kedua pantai yang sudah disebutkan sebelumnya.

Keindahan

Tanjung Luar merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Keruak, kabupaten Lombok Timur, provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa merupakan satu dari 4 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Keruak.

Desa ini memiliki jumlah penduduknya sebagian besar bersuku daerah Sasak, Bugis dan Bajau . Terletak di bagian timur pulau Lombok.
Bagi yang menyukai fotografi, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Luar. Berangkatlah jam 5 pagi ke lokasi dan Anda akan disuguhi suasana pasar ikan yang ramai sekali. Para nelayan menurunkan hasil tangkapan mereka

Tetebatu adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Sikut, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Salah satu pesona keindahan pemandangan di kaki Gunung Rinjani terdapat di Desa Tete Batu yang memiliki panorama pegunungan dan persawahan yang amat indah. Karena keindahannya, Tete Batu dijadikan sebagai desa wisata oleh Pemerintah Lombok Timur. Tete Batu memiliki formasi kontur tanah seperti ngarai memanjang. Pemandangan ngarai yang indah terbentuk dengan persawahan subur nan hijau. Inilah daya tarik Tete Batu yang membuat banyak wisatawan berbondongbondong berkunjung ke

Budaya Hindu di Desa “Muslim” Karang Bayan.
Menelusuri Budaya Hindu di Desa Karang Bayan Karang Bayan merupakan sebuah desa yang berada di Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Desa ini merupakan salah satu desa yang sangat kaya akan hasil alam. Baik pertanian maupun perkebunannya. Kehidupan sosial yang masih sangat kental dengan gotong royongnya membuat suasana masyarakat yang penuh dengan kekeluargaan tergambarkan ketika di dalam satu keluarga sedang mempesiapkan acara sakral di desa tersebut.

Desa Karang Bayan tidak sepopuler desa wisata lainnya memang. Namun ia menawarkan keindahan alam dan

Sembalun merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki luas wilayah 217,08 Km2, terdiri dari 6 desa yaitu Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading. Secara geografis Kecamatan Sembalun di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Sambelia, di sebelah selatan berbatasan dengan Aikmel dan Pringgasela, di sebelah barat dengan Kabupaten Lombok Barat sedangkan di sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pringgabaya.

Ibukota Kecamatan Sembalun berada di Desa Sembalun Lawang, yang berjarak

Tak hanya keindahan pantai dan pemandangannya yang menakjubkan, Pulau Lombok juga terkenal sebagai salah satu penghasil mutiara terbaik di dunia. Sebagai penunjang, teradapat banyak sentra pengerajin mutiara di pulau surga ini. Salah satu diantaranya adalah Kampung Sekarbela.

mataram craft center lombokKampung Sekarbela secara administratif berada di Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Sekitar 4 Kilometer dari pusat Kota Mataram. Di kampung ini terdapat banyak pengerajin perhiasan dari berbagai bahan mulia. Seperti Emas, Perak, dan Mutiara. Di tangan terampil mereka, Anda

Tak hanya keindahan pantai dan pemandangannya yang menakjubkan, Pulau Lombok juga terkenal sebagai salah satu penghasil mutiara terbaik di dunia. Sebagai penunjang, teradapat banyak sentra pengerajin mutiara di pulau surga ini. Salah satu diantaranya adalah Kampung Sekarbela.

mataram craft center lombokKampung Sekarbela secara administratif berada di Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Sekitar 4 Kilometer dari pusat Kota Mataram. Di kampung ini terdapat banyak pengerajin perhiasan dari berbagai bahan mulia. Seperti Emas, Perak, dan Mutiara. Di tangan terampil mereka, Anda

Loyok adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa Loyok terdiri dari 5 dusun, yaitu Dusun Loyok, Dusun Mangkling, Dusun Ajan, Dusun Lelupi, dan Dusun Wengkang.

Desa Loyok sekitar 5 Kilo meter dari Tetebatu, merupakan salah satu desan dengan sentra industri kerajinan di Lombok Timur, terdapat beberapa jenis sentra Industri kerajinan di Desa Loyok seperti kerajinan bambu, rotan, kerajinan kayu dan beberapa kerajinan yang unik buah karya dari para pengrajin desa Loyok.

Di Desa Loyok terdapat banyak arts shop yang menjual

Banyumulek adalah desa yang berada di kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Banyumulek merupakan sentra industri gerabah di seantero Pulau Lombok sejak tahun 1990-an, di mana 80% penduduknya berkecimpung dalam pekerjaan tersebut.

Ketika mengunjungi Desa Banyumulek, Anda akan disambut dengan gapura hijau yang bertuliskan “Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek”. Uniknya, ketika melangkah masuk ke area desa, Anda akan menemui sekolah serta kantor-kantor pemerintah yang dihiasi gerabah-gerabah besar pada pagar temboknya. Sehingga kesan Desa Gerabah akan sangat

Tak hanya kebudayaannya saja yang unik, Suku Sasak ternyata juga mengenal ilmu tata ruang sejak jaman lampau. Terlihat dari kearifan mereka dalam menata ruang pemukiman. Berkunjung ke Desa Segenter, Anda akan menyaksikan rumah-rumah tradisional Suku Sasak yang tertata dengan rapi. Seakan-akan Anda sedang berada di real-estate bernuansa tradisional.

Pulau Lombok dengan penduduk sukunya, yaitu Suku Sasak, memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak cuma tempat wisata Pulau Lombok yang mengagumkan, namun kebudayaannya yang unik juga menimbulkan rasa penasaran. Di Pulau Lombok ini

Desa Sade adalah salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak. Suku Sasak Sade sudah terkenal di telinga wisatawan yang datang ke Lombok. Ya, Dinas Pariwisata setempat memang menjadikan Sade sebagai desa wisata. Ini karena keunikan Desa Sade dan suku Sasak yang jadi penghuninya.

Sebagai desa wisata, Sade punya keunikan tersendiri. Meski terletak persis di samping jalan raya aspal nan mulus, penduduk Desa Sade di Rembitan, Lombok Tengah masih berpegang teguh menjaga keaslian desa.

Bisa dibilang, Sade adalah cerminan

AIR TERJUN SENDANG GILE
Air terjun Sendang Gile adalah air terjun yang terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya berada di kawasan desa Senaru, 2 kilometer dari desa Bayan.[1] Objek wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.[1] Ini disebabkan karena air terjun ini merupakan pintu masuk pendakian menuju gunung Rinjani.[2] Selain itu, ternyata air di Sendang Gile berasal dari mata air di Gunung Rinjani yang sangat sejuk dan alami.
Untuk menuju ke tempat ini, para pengunjung harus melalui dua ratusan

Pantai Semeti Termasuk salah satu pantai cantik yang ada di Lombok itu adalah Pantai Semeti. Pantai Semeti bersebelahan dengan Pantai Mawi, Lombok Tengah. jalan menuju pantai Semeti tidak lebih bagus dari jalan Pantai Mawi. tak ada penduduk di dekat Pantai ini. sepi dan masih perawan.

Pantai Semeti Kabupaten Lombok, Tengah, Pulau Lombok adalah salah satu pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, di pulau inilah ribuan surga-surga kecil dihempaskan oleh indahnya tangan tuhan, salah satu dari sekian banyaknya surga-surga kecil itu bisa anda nikmati di Pantai Selong Belanak atau di

Hamparan pantai cantik dan alami adalah salah satu faktor utama yang membuat Pulau Lombok semakin hari semakin mendunia, bagaimana tidak hamparan pantai di semua bagian di Pulau Lombok memiliki keindahan yang sangat luar biasa mulai dari pantai yang sudah mendunia beberapa tahun lalu yaitu Pantai Senggigi Lombok Barat sampai yang baru baru ini Pantai Kuta Lombok Tengah ataupun Pantai Mawun Lombok Tengah. Pulau Lombok memang memiliki pesona yang sangat cantik untuk menggaet, mendatangkan dan meningkatkan pendapatan asli daerah dari wisatawan dunia maupun lokal.

Salah satu dari beberapa pantai

Menjelajahi pemandangan alam yang ada pada Pulau Lombok seakan tak ada habisnya, sebab ada beragam objek liburan yang dapat Wisatawan datangi. Beberapa daerah yang belum dieksplorasi sebenarnya memperoleh potensi wisata yang besar dan amat layak untuk dikembangkan. Tetapi karena kurangnya promosi dan berita bagi seluruh wisatawan, maka tidak jarang kalau beberapa daerah tersembunyi tersebut tak banyak diketahui. Salah satu panorama alam daerah pantai yang ada pada Pulau Lombok yang belum banyak tersentuh oleh modernisasi yaitu Pantai Mawun.

Lokasi Pantai Mawun sungguh cukup tersembunyi juga

Pulau Lombok banyak menyimpan keindahan alam yang tidak biasa. Salah satunya adalah air terjun asin yang berada di Pantai Nambung, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).
"Will come to: Nambung bich." Tulisan selamat datang dengan aksen lokal ini dipasang penduduk setempat untuk menunjukkan lokasi Pantai Nambung.

Hamparan pasir merica dan ombak Pantai Nambung yang tenang, seolah menyambut kedatangan wisatawan di pantai ini. Pantai Nambung memiliki bibir pantai cukup luas dengan pemandangan laut lepasnya yang indah serta jajaran perbukitan yang mengelilingi pantai.
Selain keelokan alamnya

Lombok memiliki banyak pantai menawan siap memikat hati para pelancong, sebut saja Gili Trawangan, Pantai Kuta ataupun Pantai Tanjung Aan. Semuanya sudah menyerap perhatian wisatawan dan bukan tidak mungkin Anda pun bisa menikmati pantai indah di Lombok termasuk yang tersembunyi nan sepi seakan-akan milik sendiri. Gili Nanggu adalah salah satunya yang mampu mewujudkan itu.

Bagi yang sudah bosan dengan kedua gili tersebut ternyata ada gili lain yang masih sangat sepi dan termasuk privat. Tidak banyak aktivitas kecuali para wisatawan yang bermain di pantai. Ya gili ini adalah Gili Nanggu

Gili Air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, dan Gili Meno. Ketiga pulau ini terkenal dengan keindahan pantainya, maka tak heran apabila Gili Air menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Lombok.

Dari ketiga pulau gili yang telah disebutkan diatas, Gili Air merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan pulau Lombok.Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan berada di kawasan barat pantai Lombok, serta mampu menampilkan gambaran keindahan pantai-pantai yang berada di Lombok. Lokasi Gili Air tepatnya teletak di Desa Gili indah, Kecamatan

Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi kawasan wisata bahari. Tempat ini dapat dicapai dari Kota Mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat dengan perjalanan melewati Pantai Senggigi yang berlatarkan pemandangan pantai yang menakjubkan serta hutan lindung. Di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pasirnya putih dan masih alami. Di Gili Meno kendaraan bermotor sangat dibatasi, demikian pula penggunaan listrik.

Gili Meno adalah pulau terkecil sekaligus paling sunyi

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai "Tîr na Nôg" mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.

Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili

Lombok tak hanya terkenal oleh Pantai Senggigi. Ada Pantai Batu Payung di Lombok Tengah, yang terkenal karena sebuah karang besar yang mirip payung di pesisirnya. Indah!
Pantai Batu Payung bisa dikatakan primadona di kalangan pantai-pantai di Lombok. Wisatawan memang sering membicarakannya. Pantai ini terletak di kawasan Lombok Tengah.
Berbeda dengan pantai lainnya, Batu Payung ini tidak seperti yang dibayangkan. Ya, pantai ini tidak memiliki hamparan pasir putih, hanya terdiri dari bebatuan dan karang besar yang berbentuk mirip payung.

Rute menuju pantai ini tidak sulit. Anda bisa menuju

Alam Gunung Tunak menyajikan sisi lain pantai selatan Lombok: ada pantai berpasir, dinding kapur, hamparan rumput, hutan pantai dan hutan dataran rendah.
Sebongkah karang yang tegar terus-menerus dihantam ombak Samudra Hindia. Kontur karang yang seperti penyu tersebut disebut Gili Penyu, di lepas pantai Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Lombok Selatan, Nusa Tenggara Barat.

Amak Karie menatap pulau kecil itu dari bibir tebing Gunung Tunak. Mentari yang menyengat memaksa pria dari Bumbang, Mertak, Pujut, ini berpayung pepohonan yang dia potong. Dari atas tebing, air laut selatan kebiruan teduh.

Bukit Merese yang berada di Lombok tengah tepatnya di samping barat pantai Tanjung Aan atau kalau dari pantai Kuta berada disisi timurnya.View yang di sajikan benar2 menakjubkan di mana bila naik ke atas bukit terlihat gradasi air laut yang bening biru kehijauan bahkan meski langit gelap sekalipun. Bisa di tempuh dari kota Mataram sekitar 1,5 jam atau dari bandara Lombok kurang satu jam saja.

Di Bukit Merese, Anda dapat melihat kecantikanTanjung Aa'n secara maksimal. Selain lautan biru dan perbukitan hijau, Anda pun bisa melihat sunset yang sangat cantik di sini!
Terlihat dari atas bukit

Kecantikan alami pantai-pantai di Lombok Tengah dijamin akan membuat kamu betah untuk berlama-lama disana. Salah satu pantai cantik yang ada di Lombok Tengah adalah pantai Seger.

Entah kenapa pantai ini dinamakan pantai Seger. Yang jelas, suasana disana memang benar-benar seger. Lokasi Pantai Seger ini tidak terlalu jauh dari pantai Kuta Lombok. Sekitar 15 menit saja. Pantai Seger ini terdiri atas beberapa bagian dimana masing-masing bagiannya dipisahkan oleh semacam bukit tapi tidak terlalu tinggi

Di salah satu sudut pantai ini terdapat monumen Putri Mandalika, seorang putri yang merupakan

Pantai Tanjung A’an adalah salah satu pantai terindah di pulau Lombok, letaknya hanya beberapa kilo meter saja dari Pantai Kuta di selatan Lombok.

Ya, pasir pantai ini memang mempunyai tekstur yang unik. Hamparan pasirnya seperti butiran merica. Hingga bibir pantai, kaki Anda masih akan merasakan tekstur itu. Namun di bukit dekat pantai yang dapat dinaiki pengunjung Anda tidak lagi merasakan pasir merica namun pasir putih yang sangat halus. Pasir merica ini konon adalah bentukan dari fosil-fosil karang. Cobalah menginjak tanpa alas kaki, maka kita akan merasakan kaki kita bagaikan dipijat

Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki, para wisatawan dapat menjumpai Batu Bolong di pantai ini. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.

Pura batu bolong merupakan sebuah pura kecil yang terdapat di daerah Senggigi, Lombok. Apabila anda

Berjarak 50 kilometer atau sekitar 2 jam dari Kota Mataram, Pantai Mangsit bisa menjadi alternatif tujuan wisata selain Pantai Senggigi yang namanya sudah sangat terkenal.
Berbeda dengan Pantai Senggigi yang ramai, Pantai Mangsit terbilang cukup sepi. Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan, pantai ini menjadi pilihan yang sangat cocok. Hamparan pasir yang membentang dan hembusan angin laut yang sejuk menambah kenyamanan saat mengunjungi pantai yang terletak di bagian utara Kabupaten Lombok Barat ini.

Bagian belakang pantai dihiasi pepohonan kelapa yang membuat tempat ini terlihat begitu

Apa yang pertama kali ada di pikiran anda ketika mendengar nama pantai kuta pasti pantai yang ada di Bali, namun jangan salah pantai Kuta juga ada di Lombok. Jika anda ingin wisata ke Pantai Kuta Lombok, Pantai ini berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Awalnya Pantai ini biasa-biasa saja, namun setelah banyak pembangunan hotel-hotel kemudian pantai ini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi.

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Kuta Lombok, datanglah ke Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan.

Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan selam permukaan (snorkeling) sepuasnya karena